Wajib Tahu! Inilah Gaya Hidup Sehat Penderita Hernia Yang Dianjurkan

Gaya Hidup Sehat Penderita Hernia ,- Secanggih dan sebaik apapun pengobatan yang dilakukan, jika tidak disertai dengan gaya hidup sehat dan seimbang tetap saja akan terbilang percuma.

Apalagi bagi Anda yang menderita penyakit hernia, hal ini merupakan faktor pendukung untuk memperlancar proses penyembuhan yang sedang Anda jalani.

Penyebab dan Gejala Penyakit Hernia

Gaya Hidup Sehat Penderita HerniaHernia adalah salah satu gangguan kesehatan yang ditAndai dengan munculnya benjolan atau tonjolan organ akibat lemahnya otot, sehingga tidak dapat menahan organ didekatnya.

Melemahnya otot ini dapat dipicu oleh konstipasi berkepanjangan, kehamilan, obesitas, batuk berkepanjangan, sering mengangkat beban yang berat atau mengalami penumpukan cairan di dalam rongga perut.

Penyakit hernia ini sering kali dianggap sepele karena jarang memiliki gejala. Namun, jika tidak segera ditangani, hernia dapat menyebabkan gangguan usus atau terhambatnya aliran darah pada jaringan hernia yang terjepit.

Untuk menghindari hal ini, salah satu cara yang biasanya dianjurkan dokter yaitu menjalani operasi atau pembedahan guna memperbaiki bagian tubuh yang rusak.

Selama operasi, dokter bedah mungkin akan menggunakan sejenis tambalan yang disebut dengan mesh untuk menutup lubang atau menjahit daerah yang rusak total.

Nah, agar penyakit hernia ini lekas sembuh, Anda harus memperbaiki gaya hidup Anda menjadi lebih baik (sehat). Hal ini juga berguna untuk mencegah kekambuhan penyakit hernia.

Gaya Hidup Sehat Penderita Hernia

Gaya Hidup Sehat Penderita Hernia

Menerapkan gaya hidup sehat perlu dilakukan oleh semua orang, khususnya oleh orang yang menderita hernia. Dan berikut beberapa cara memulai gaya hidup sehat yang dapat langsung Anda terapkan dan jadikan sebagai rutinitas baru :

  1. Olahraga

Melakukan olahraga secara teratur merupakan langkah terbaik yang perlu dijalani oleh penderita hernia. Olahraga ini bertujuan untuk memperbaiki kondisi otot perut yang mengalami kelemahan fungsi.

Beberapa jenis olahraga yang disarankan untuk penderita hernia yaitu yoga klasik, aerobik, jalan santai, bersepeda, dan berenang.

  1. Sering-Sering Makan Dalam Porsi Kecil

Penderita hernia dianjurkan untuk makan 6 kali sehari dalam porsi kecil yaitu 3 makanan utama dan 3 camilan. Mengkonsumsi makanan dalam porsi besar tidak dianjurkan karena dapat memicu isi lambung berbalik arah.

Asam lambung dapat mengalir ke esofagus karena sebagian asam dalam lambung terdorong masuk melalui celah diafragma dan mencuat atau menonjol ke arah dada.

  1. Kurangi Aktivitas Setelah Makan

Jangan berbaring, membungku ataupun melakukan aktivitas tepat setelah makan. Aktivitas ini dapat membuat isi dalam lambung berbalik arah seperti telah dijelaskan sebelumnya.

Menghindari aktivitas setelah makan ini juga dapat mencegah masalah pada bagian yang terkena hernia agar tidak bertambah parah.

  1. Hindari Makanan Tertentu

Dalam kasus penyakit hernia, tidak semua makanan dapat dikonsumsi oleh orang yang menderita hernia. Ada beberapa makanan yang harus dihindari seperti makanan pedas, makanan dengan kandungan kafein, makanan kalengan, serta makanan dengan rasa bumbu yang kuat.

  1. Konsumsi Makanan Sehat

Penderita hernia dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan sehat yang dapat membantu dalam proses pemulihan hernia, seperti makanan kaya akan serat, sayuran hijau, buah-buahan yang tidak mengandung asam, kayu manis, dan air putih.

  1. Turunkan Berat Badan

Jika Anda memiliki berat badan berlebih, sebaiknya coba untuk menurunkan berat badan tersebut. Kelebihan berat badan dapat menekan rongga perut dan menyebabkan usus menonjol keluar hingga menyebabkan hernia.

Menjalani pola makan sehat (seperti : sering makan dalam porsi kecil dan hindari makanan berlemak) dan berolahraga sesuai kebutuhan tubuh dapat membantu Anda dalam menurunkan berat badan berlebih.

  1. Perbaiki Waktu Tidur

Buatlah jadwal tidur yang tetap. Usahakan gawai, komputer atau televisi Anda sudah mati setidaknya 2 jam sebelum waktu tidur yang telah ditentukan. Minum secangkir teh untuk membuat badan dan pikiran menjadi rileks, dapat membantu Anda agar lekas tidur.

  1. Hindari Mengangkat Benda Berat

Untuk menghindari tekanan pada otot dan perut, Anda disarankan untuk tidak mengangkat benda berat. Apabila benar-benar harus melakukannya, gunakan tekni yang benar. Ingatlah untuk mengangkat benda dengan bertumpu pada lutut dan bukan punggung Anda.

  1. Berhenti Merokok

Merokok dapat merusak otot dan jaringan lain dalam tubuh, seperti jantung, paru-paru, kulit, dan kuku. Berhentilah merokok untuk memperbaiki kondisi tubuh Anda.

  1. Mengkonsumsi Obat Herbal

Jika Anda memiliki penyakit hernia, ada beberapa obat herbal yang dapat dipilih untuk membantu menyembuhkan hernia. Salah satunya yaitu obat herbal Gamat Emas Kapsul, yang memiliki kemampuan dalam memperbaiki jaringan dan otot yang rusak dengan cepat.

Untuk mengetahui informasi lebih lengkapnya seputar obat herbal Gamat Emas Kapsul ini, Anda dapat mengunjungi halaman berikut >> Obat Hernia Manjur

Menjalani gaya hidup sehat dapat memperbesar kesempatan Anda untuk sembuh dari penyakit hernia. Dengan gaya hidup sehat juga dapat meningkatkan kesempatan Anda untuk hidup lebih panjang.

Sebuah penelitian membuktikan bahwa kebiasaan berjalan kaki minimal 30 menit setiap hari dapat meningkatkan risiko meninggal di usia dini secara signifikan.

So, tunggu apalagi ? Jangan tunda merubah pola hidup Anda ke gaya hidup sehat. Dan segera lakukan sekarang juga ..!!!

Posted by :

www.obatherniaalami.com

1 Trackback / Pingback

  1. Catat! Inilah 9 Efek Samping Hernia Pada Orang Dewasa

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*