Mengenal Operasi Laparoskopi Dalam Pengobatan Hernia

Operasi Laparoskopi Dalam Pengobatan Hernia ,- Hernia merupakan jenis penyakit yang terjadi saat organ atau jaringan lemak mendorong otot dan dinding jaringan yang lemah di sekitarnya. Penyakit ini biasanya akan membaik dengan sendirinya tanpa perawatan khusus.

Namun terkadang, operasi hernia sering menjadi jalan satu-satunya untuk sembuh dari penyakit hernia. Jenis operasi hernia yang biasanya dilakukan yaitu operasi laparoskopi. Tindakan operasi ini akan di rekomendasikan ketika penyakit hernia tidak kunjung membaik, bertambah parah dan berisiko menimbulkan komplikasi berbahaya.

Selain operasi laparoskopi, tindakan operasi lain yang sering dilakukan untuk mengatasi hernia yaitu operasi terbuka. Tetapi, pada artikel ini kita akan ulas lebih jauh seputar operasi laparoskopi saja.

Mengenal Operasi Laparoskopi Dalam Pengobatan Hernia

Operasi Laparoskopi Dalam Pengobatan HerniaLaparoskopi adalah tindakan operasi hernia yang dilakukan dengan membuat sayatan kecil pada bagian bawah pusar. Sayatan ini dibuat dengan tujuan untuk memasukkan alat yang disebut dengan laparoskop, yaitu tabung kecil yang dilengkapi dengan kamera dan cahaya untuk menangkap gambar organ dalam perut.

Sebenarnya prosedur ini dilakukan untuk keperluan diagnosis atau pengobatan. Dengan prosedur ini, dokter mampu melihat sejumlah kelainan yang dapat terjadi (seperti hernia, infeksi, kista hingga fibroid) di dalam organ perut atau panggul. Laparoskopi juga dapat diterapkan untuk keperluan pengambilan sampel jaringan dalam pemeriksaan biopsi.

Prosedur laparoskopi tidak akan dianjurkan jika penderita mengalami kanker atau pernah menjalani operasi dibagian perut, karena sangat berisiko. Penderita harus mengikuti instruksi yang disarankan dokter mengenai kapan harus melakukan puasa sebelum laparoskopi dan jadwal konsumsi obat-obatan.

Prosedur Operasi Laparoskopi

Umumnya penderita yang akan menjalani laparoskopi harus puasa selama 6-12 jam sebelum operasi. Penggunaan obat-obatan seperti aspirin dan warfarin juga harus dihentikan beberapa hari sebelum tindakan operasi guna menghindari pendarahan.

Ketika operasi laparoskopi akan dilakukan, terlebih dahulu penderita akan dibius total untuk menghindari rasa sakit yang ditimbulkan selama prosedur operasi berlangsung. Selanjutnya dokter akan membuat sayatan kecil sepanjang 1-1.5 cm di perut untuk memasukkan pipa kecil dan laparoskop.

Pipa ini akan mengalirkan gas karbon dioksida ke dalam perut sehingga perut akan menggembung. Dengan begitu, dokter bisa melihat organ di dalam perut penderita dengan lebih jelas dan mempunyai banyak ruang untuk dokter dapat bekerja.

Selanjutnya, dokter akan memasukkan laparoskop melalui pipa tersebut. Laparoskop akan menampilkan gambar ke layar monitor agar dokter dapat melihat daerah sekitar hernia.

Alat bedah kecil juga akan dimasukkan melalui sayatan guna melakukan prosedur yang diperlukan berdasarnkan gambar yang di tampilkan laparoskop pada monitor.

Jika sudah selesai, gas karbon dioksida dan pipa akan dikeluarkan dari perut serta sayatan pun akan ditutup kembali dengan jahitan atau klip.

Baca Juga : Tanaman Untuk Mengobati Testis Bengkak

Perawatan Hernia Pasca Operasi

Setelah operasi, penderita akan menjalani masa pemulihan di ruang rawat. Dokter akan memeriksa suhu tubuh, kadar oksigen, tekanan darah, dan irama jantung penderita.

Dan jika sudah stabil, penderita akan diizinkan untuk pulang dan beraktivitas seperti semula. Tetapi, penderita tetap harus berhati-hati dan hindari aktivitas berat selama seminggu setelah operasi.

Melakukan olahraga dapat membantu dalam mempercepat proses penyembuhan. Untuk mengetahui apa saja olahraga yang baik untuk penderita hernia, KLIK DISINI.

Apakah Operasi Laparoskopi Menimbulkan Efek Samping ?

Sama saperti tindakan operasi lainnya, laparoskopi juga tetap memiliki efek samping. Sekitar 1-2 persen orang yang menjalani laparoskopi mengalami efek samping ringan seperti infeksi, mual, muntah, dan memar.

Segera pergi ke rumah sakit, jika dalam 24 jam Anda mengalami demam dengan suhu 38OC, kedinginan, nyeri pada perut, bekas sayatan terasa sakit dan berwarna kemerahan, kaki bengkak, atau nyeri ketika buang air kecil.

Lalu, Berapa Biaya Melakukan Operasi Laparoskopi ?

Biaya operasi hernia sebenarnya sama seperti operasi pada umumnya, yang mana biaya tergantung pada rumah sakit yang melayani Anda.

Namun, sekedar untuk info dan pertimbangan saja sebelum memutuskan operasi, melakukan operasi hernia dapat dikenakan biaya sekitar Rp 5.000.000 sampai Rp 30.000.000. Biaya tersebut belum termasuk biaya inap, ruangan dan lain-lain.

Jika memang Anda berniat menjalani operasi hernia dengan laparoskopi untuk mengobati penyakit yang diderita. Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter mengenai biaya, efek samping dan risiko komplikasi yang mungkin dapat diminimalkan. Sehingga peluang Anda untuk sembuh pun akan semakin besar.

Demikianlah artikel kami yang dapat disampaikan terkait operasi laparoskopi dalam pengobatan hernia. Semoga artikel yang telah disampaikan di atas dapat memberikan manfaat bagi Anda.

*Terimakasih Telah Berkunjung dan Salam Sehat*

Posted by. obatherniaalami.com


I K L A N

TELAH HADIR GAMAT EMAS KAPSUL, OBAT HERBAL YANG DAPAT MENGATASI BERBAGAI PERMASALAHAN PRIA SECARA ALAMI HINGGA TUNTAS ..!!

*Beli 2, GRATIS ONGKIR KE SELURUH INDONESIA*

Obat Hernia Alami

BELI SEKARANG


Gamat Emas Kapsul adalah produk herbal yang diformulasikan khusus untuk mencegah sekaligus mengobati berbagai permasalahan pria. Terbuat dari ekstrak teripang emas asli yang 100% alami tanpa sedikitpun menggunakan bahan kimia didalamnya.

Legalitas Produk herbal ini TERJAMIN, karena telah mendapatkan izin edar resmi dari BPOM RI No: TR153385291 dan HALAL (حلال) MUI. Pesan Sekarang Juga ..!!

1 Trackback / Pingback

  1. Pengobatan Hernia Dengan Operasi Terbuka - OBAT HERNIA MANJUR 100% ALAMI

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*