Pengobatan Hernia Dengan Operasi Terbuka

Pengobatan Hernia Dengan Operasi Terbuka ,- Operasi hernia dilakukan sebagai langkah pengobatan untuk mengatasi hernia atau turun berok. Terdapat dua prosedur operasi hernia yang sering dilakukan yaitu laparoskopi dan operasi terbuka.

Pada artikel sebelumnya kami telah membahas seputar cara mengobati hernia dengan laparoskopi. Sangat kami anjurkan Anda untuk membaca artikel tersebut, sehingga Anda dapat mengetahui semua hal terkait operasi laparoskopi (seperti : efek samping, biaya dll).

Dan dalam artikel ini kami akan membahas tentang Pengobatan Hernia Dengan Operasi Terbuka. Sehingga Anda pun dapat memilih operasi hernia apa yang tepat untuk mengatasi keluhan Anda.

Pengobatan Hernia Dengan Operasi Terbuka

Pengobatan Hernia Dengan Operasi Terbuka

Penyakit hernia adalah penyakit yang terjadi saat organ atau jaringan tubuh menonjol keluar dari dinding-dinding otot yang melindunginya.

Normalnya, organ-organ tubuh, khususnya organ perut akan terlindungi oleh jaringan otot yang kuat. Tetapi pada seseorang yang menderita hernia, jaringan otot tersebut melemah, sehingga menimbulkan penyakit hernia.

Kebanyakan penyakit hernia ini diobati dengan tindakan operasi. Yang mana operasi hernia ini ada dua yaitu laparoskopi dan operasi terbuka. Mengobati hernia dengan operasi terbuka merupakan metode yang paling sering dilakukan di Indonesia.

Secara umum, operasi terbuka ini dilakukan dengan cara menyayat bagian perut yang diperkirakan mengalami hernia, lalu mengembalikan posisi jaringan atau organ yang mencuat dari dinding otot.

Dalam prosesnya , operasi terbuka terbagi menjadi dua jenis tahapan yakni :

  1. Herniaorafi ⇒ Operasi hernia yang dilakukan dengan mendorong jaringan atau organ yang mencuat ke posisi semula, lalu menjahit jaringan yang masih sehat dan kuat untuk menopang organ yang terkena hernia.
  2. Hernioplasti ⇒ Jenis operasi hernia ini berguna untuk mengembalikan posisi organ yang mencuat tetapi menutupnya dengan bahan sintetis yang bisa menyatu dengan jaringan tubuh. Lalu dijahit bersama jaringan tubuh yang masih sehat.

Sebelum operasi dimulai, penderita hernia yang menjalani operasi terbuka akan diberikan bius (anestia). Penderita akan tetap terjaga selama operasi, tetapi daerah yang dibedah akan mengalami mati rasa sehingga penderita pun tidak akan merasakan sakit.

Operasi hernia terbuka termasuk ke dalam operasi besar. Karena itu, penderita harus menginap di rumah sakit selama 4-5 hari.

Perawatan Hernia Pasca Operasi Terbuka

Setelah operasi terbuka dilakukan, umumnya penderita harus melewati waktu pemulihan sekitar 2-6 minggu. Selama masa pemulihan ini, rasa nyeri di sekitar area yang di operasi mungkin akan dirasakan. Biasanya dokter akan meresepkan obat pereda rasa nyeri untuk mengatasinya.

Penderita dianjurkan untuk menghindari aktivitas berat selama masa pemulihan ini. Sementara untuk aktivitas ringan seperti berbelanja, mungkin sudah dapat dilakukan setelah 1-2 minggu pasca operasi.

Untuk kegiatan menyetir atau mengemudi, dianjurkan untuk menunggu selama 6-8 minggu hingga operasi benar-benar sembuh atau rasa nyeri sudah tidak lagi dirasakan oleh penderita.

Efek Samping Pasca Operasi Terbuka

Sama seperti operasi pada umumnya yang memiliki efek samping setelahnya, menjalani operasi terbuka juga dapat menimbulkan efek samping, seperti infeksi, gumpalan darah, nyeri yang kronis (menahun), atau kerusakan saraf tertentu pun dapat terjadi.

Anda dapat meminimalisir risiko efek samping pasca operasi ini dengan mengikuti saran dari sokter sebelum operasi, seperti berpuasa, berhenti mengkonsumsi obat tertentu, dan menjalani pemeriksaan penyaring seperti tes darah, urin, EKG, atau foto rontgen untuk persiapan operasi.

Biaya Operasi Terbuka Untuk Mengatasi Hernia

Bagi Anda yang telah memutuskan untuk menjalani operasi terbuka dalam mengatasi hernia, sebaiknya Anda perlu mengetahui terlebih dahulu berapa biaya operasi hernia tersebut. Sebenarnya biaya operasi hernia, tergantung dari rumah sakit yang melayani Anda.

Tetapi sekedar informasi dan pertimbangan saja sebelum memutuskan operasi. Biaya operasi hernia di Indonesia berkisar antara Rp 4.000.000 sampai Rp 7.000.000 untuk hernia yang masih dalam tahap ringan atau sedang.

Sementara untuk hernia yang sudah parah, biaya operasi dapat mencapai Rp 20.000.000. Semua biaya operasi hernia ini belum termasuk biaya inap, ruangan, obat, dan lain-lain.

Untuk Anda yang memiliki kartu BPJS, Anda bisa mendapatkan biaya operasi hernia yang lebih murah. Bahkan, biaya untuk operasi hernia Anda bisa saja menjadi gratis karena 100% ditanggung BPJS dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Bila memang Anda berniat mengatasi hernia dengan operasi terbuka. Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter terkait biaya, efek samping dan risiko komplikasi yang dapat terjadi. Dengan begitu, peluang Anda untuk sembuh dapat semakin besar.

Hal yang perlu Anda garis bawahi adalah sekalipun Anda menjalani operasi hernia, tidak menjamin Anda dapat menjadi bebas dari risiko hernia. Artinya, Anda tetap harus berhati-hati agar tidak mengalami hernia kembali di kemudian hari.

Baca Juga :

Pantangan Bagi Penderita Hernia
Cara Mencegah Hernia Yang Paling Efektif


I K L A N

TELAH HADIR GAMAT EMAS KAPSUL, OBAT HERBAL YANG DAPAT MENGATASI BERBAGAI PERMASALAHAN PRIA SECARA ALAMI HINGGA TUNTAS ..!!

*Beli 2, GRATIS ONGKIR KE SELURUH INDONESIA*

Obat Hernia Alami

BELI SEKARANG


Gamat Emas Kapsul adalah produk herbal yang diformulasikan khusus untuk mencegah sekaligus mengobati berbagai permasalahan pria. Terbuat dari ekstrak teripang emas asli yang 100% alami tanpa sedikitpun menggunakan bahan kimia didalamnya.

Legalitas Produk herbal ini TERJAMIN, karena telah mendapatkan izin edar resmi dari BPOM RI No: TR153385291 dan HALAL (حلال) MUI. Pesan Sekarang Juga ..!!

1 Trackback / Pingback

  1. Benjolan di Daerah Lipat Paha Depan Disertai Nyeri Testis

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*