Mengenal Penyakit Hernia Nukleus Pulposus dan Bahayanya

Penyakit Hernia Nukleus Pulposus dan Bahayanya ,- Anda sering mengalami nyeri kaki atau bahu ? Sering juga mengalami kesemutan ? Hati-hati, bisa jadi Anda menderita hernia nukleus pulposus. Sebelum terlambat, yuk! Ketahui penyakit ini lebih dalam.

Penyakit Hernia Nukleus Pulposus dan Bahayanya

Penyakit Hernia Nukleus Pulposus dan Bahayanya

Hernia Nukleus Pulposus (HNP) adalah salah satu jenis hernia yang terjadi ketika bantalan atau cakram diantara vertebrata (tulang belakang) keluar dari posisi semula dan menjepit saraf yang berada dibelakangnya. Kondisi ini sering juga disebut dengan saraf terjepit.

Kebanyakan HNP menyerang orang dengan usia 30-50 tahun dan lebih berisiko terjadi para pria dibandingkan wanita. HNP paling sering terjadi pada punggung bawah, yang mana jika tidak segera ditangani dapat menimbulkan komplikasi pada tubuh.

Penyebab dan Gejala Hernia Nukleus Pulposus

Biasanya penyebab hernia nukleus pulposus adalah degenerasi bantalan atau diskus intervertebra. Yang mana seiring bertambahnya usia, diskus tulang belakang akan semakin kehilangan beberapa kadar airnya. Sehingga menyebabkannya kurang fleksibel dan lebih rentah robek atau pecah.

Selain itu, ada juga beberapa hal lain yang dapat menyebabkan hernia nukleus pulposus yakni :

  • Merokok.
  • Membungkuk dengan canggung.
  • Kelebihan berat badan (obesitas).
  • Olahraga berat seperti angkat besi.
  • Duduk dalam jangka waktu lama, khususnya ketika menyetir mobil.
  • Memiliki riwayat keturunan dengan penyakit hernia nekleus pulposus.
  • Kecelakaan yang melukai tulang belakang seperti ketika kecelakaan mobil atau jatuh.
  • Sering melakukan aktivitas yang memberatkan tulang belakang seperti mengangkat beban berat.

Sebagai akibat dari hernia nukleus pulposus, tubuh pun akan memberikan tanda berupa nyeri pada kaki atau bahu, yang intensitasnya bisa meningkat ketika batuk, bersin, atau bergerak dalam posisi tertentu.

Tanda atau gejala lain hernia nukleus pulposus yaitu mengalami kesemutan atau kaku pada beberapa anggota tubuh, terutama punggung, bahu, tungkai, tangan dan kaki. Penderita juga bisa mengalami kelemahan otot pada saraf yang terjepit.

Gejala-gejala tersebut juga terkadang bisa dialami oleh penderita nyeri punggung ringan akibat keseleo atau terpelintir. Disarankan untuk periksa ke dokter, jika seseorang merasakan gejala diatas agar dapat diketahui penyebabnya.

Pengobatan Hernia Nukleus Pulposus

Biasanya pengobatan HNP disesuaikan dengan tingkat keparahan gejala yang dialami penderita hernia nukleus pulposus. Beberapa cara pengobatan yang sering dianjurkan dokter yakni melalui obat-obatan, terapi atau operasi.

Selain itu, penderita HNP juga harus menghindari posisi yang membuat nyeri dan jangan mengangkat beban berat. Namun, tetap penderita HNP harus berusaha aktif. Karena jika tidak aktif dapat mengakibatkan kelemahan otot dan kekakuan sendi.

Waspada! Bahaya Hernia Nukleus Pulposus Yang Sering Diabaikan

Penyakit Hernia Nukleus Pulposus dan Bahayanya

Meskipun gejala hernia nukleus pulposus terlihat sepele, namun tetap kondisi ini diharuskan untuk segera ditangani dengan tepat dan benar.

Pasalnya hernia nukleus pulposus ini bisa menekan cauda equina yang ada pada punggung bawah dan menyebabkan komplikasi yang lebih serius.

Berikut beberapa bahaya hernia nukleus pulposus yang bisa terjadi jika HNP tidak segera ditangani, yakni :

  • Saraf mengalami kerusakan, yang dapat mengakibatkan saraf-saraf tidak bisa berjalan atau berfungsi dengan normal.
  • Menurunnya kemampuan beraktivitas, yang memperburuk gejala HNP seperti nyeri hebar, otot dan kuku melemah.
  • Anestesi sadel, yaitu hilangnya kemampuan merasa atau sensasi di titik seperti paha bagian dalam, tungkai belakang dan sekitar dubur.
  • Kelumpuhan, saraf terjepit yang telah lama dibiarkan dan tidak diobati bisa menjadi parah dan dapat mengakibatkan kelumpuhan secara permanen.
  • Disfungsi pengeluaran cairan dari kandung kemih, yang menyebabkan penderita kesulitan mengeluarkan urine atau tinja, hingga kemandulan secara seksual.

Dianjurkan untuk penderita hernia nukleus pulposus untuk segera periks ke dokter jika mengalami gejala yang mengarah pada komplikasi agar dapat ditangani dengan cepat.

Demikian artikel singkat kami seputar Penyakit Hernia Nukleus Pulposus dan Bahayanya. Jaga selalu kondisi kesehatan Anda dan lakukan gaya hidup sehat agar terhindar dari penyakit HNP.

Terimakasih telah berkunjung dan menyimak artikel sederhana ini. Semoga Bermanfaat dan Salam Sehat 🙂

Posted by : obatherniaalami.com

1 Trackback / Pingback

  1. Obat Penghilang Benjolan di Perut Yang Alami dan Manjur

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*